2.4.15

Masyarakat Kota Blitar Terpaksa Sejahtera


Tertarik dolan ke Blitar? Buruan mumpung masih April anda akan disuguhi berbagai pertunjukan jadul. Kalender kegiatan dapat anda klik disini. Banyak kegiatan yang tentunya akan menambah daya tarik kota Blitar sebagai Kota wisata. Menurut pengamatan KIM Kentongan, Ada beberapa hal yang menarik ketika berbagai acara ini digelar. Paling tidak dengan adanya acara-acara tersebut, ekonomi kreatif masyarakat terpaksa akan menggeliat dan tentunya warga kota Blitar akan terpaksa sejahtera.

Sebagai contoh, kita ambil satu event saja, pawai jadul. Dengan mengadakan pawai jadul saja, ekonomi kreatif terbukti dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Semisal saja, dengan adanya pawai jadul yang mensyaratkan peserta menunjukan kreatifitas dalam menghias kedaraannya dan merias diri dengan pakaian yang jadul. Ketika syarat peserta disamapaikan, tentu aka nada pemasukan bagi penjual baju adat ataupun pakaian jadul seperti baju lurik ataupun batik. Pemasukan bagi penjual juga berimbas pada pemasukan pada bagian produksi yaitu pengrajin batik. Di jalur pakaian jadul saja minimal ada 2 pelaku ekonomi yang terhidupi. Jika dalam pawai tersebut melibatkan seluruh SKPD di kota Blitar, berapa omzet yang tercurah untuk para pelaku ekonomi kreatif tersebut secara global.
Itu yang berdampak langsung dari sisi pakaian, belum tata rias, atribut dekor kendaraan, konsumsi, dll. Yang terimbas secara tidak langsung, pada PKL yang mangkal di sekitar pawai, seperti penjual cilot, bakso, soto, balon, dll. Kegiatan seperti inilah semakin sering diadakan akan semakin memaksa masyarakat kreatif dan terpaksa sejahtera.
Program hari jadi kota Blitar bukan Cuma Pawai Budaya, masih banyak lagi nanti seperti Blitar Jadul, aneka lomba, dan bermacam-macam. Semoga dengan program-program seperti ini akan semakin membuat warga Blitar terpaksa sejahtera.

Salam kentongan

Thok-thok – tolong di koment n share ya…
/span>

0 komentar:

Posting Komentar