23.1.15

Iringgolo namanya.......

Pagi itu yang begitu menyegarkan dengan kicauan burung cemblek cemplir. ku tajamkan pula pendengaraku paada setiap ujung ruangan. Hm.........kok sepi ya? Jam berapa sich, kok biyungku santai aja dan tak mengusikku dari singgasana. Padahal srengenge pun tak enggan masuk ruang lamunku. Yach, berdering dech hand phone yang kuletakkan tak jauh jari ragaku.
Diterima ga ya......dari temen salah satu ormas. Ku angkat "Hallo, Assalamualaikum. Nyapo?"jawabku sengil. Maklum Nyawa belum tertata. "Nda, melu dolan r mbi arek2?"suara terdengar jauh dari Handphonku. Tanpa pikir panjang lagi sembari pemulihan nyawa kujawab "Ya, nang ndi, kapan?". "Tak jemput jam stengah 10 pagi". "OK" tut.tut...tut...
setelah beberapa jam perjalanan akhirnya kami temukan AIR TERJUN IRINGGOLO,air terjun ini memiliki ketinggian 1200 M dari permukaan air lautlaut, yang bertngger di kawasan Besuki, tepatnya di gugusan lereng gunung Wilis.

Kesejukan derunya air yang terus mengalir dari tebing-tebingnya setinggi 80 Meter itu membentuk tangga-tangga kecil dengan pemandangan alam yang luar biasa cantiknya. apalagi ketika kita terjun langsung berinteraksi dengan airnya, hm......seakan kesejukan ini milik kita. hwawawa. Betapa agungnya nikmat Tuhan yang Dia berikan untuk kita semua. Dan kita wajib itu hukumnya untuk mensyukurinya.

untuk sampai ke Air terjun ini kita harus berjalan ke arah barat daya berjarak 28 Km kota Kediri, hanya dengan tempo sekitar 30 menit berkendara dan bisa dilampaui dengan mudah, karena medan yang mengantarkan ke air terjunpun relatif mudah dan mulus.


Nah, buat kawan-kawan yang tertarik untuk menikmati wisata alam ini silahkan aja
Lokasi
Dusun : Besuki
Desa : Jugo Kecamatan Mojo
Kabupaten : Kediri
Propinsi :Jawa Timur
Peta dan Koordinat GPS:
Aksesbilitas ke arah barat daya berjarak + 28 km dari kota Kediri dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Cukup mudah Akses menuju air terjun ini dengan kondisi jalan 85 hotmix dan dapat dilalui dengan segala macam kendaraan hingga di sampai kawasan wisata air terjun tersebut. Perjalanan menuju air terjun ini dapat dimulai dari kota Kediri caranyapada mulanyasilahkan menyeberangi ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, kemudian meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki.
Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan, dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki.
Bagi pengguna kendaraan umum
Dari terminal bus Tamanan Kota Kediri, silahkan naik angkutan pedesaan jurusan ke Kecamatan Mojo. Setelah itu, turun di Desa Besuki, dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun. Selain dengan berjalan kaki dari desa Besuki dapat menggunakan jasa sewa ojek atau angkutan pedesaan.
Masuk pintu gerbang perjalanan dilanjutkan sekitar 200 m menuju area parkir kendaraan. Akhirnya dari area parkir diteruskan dengan berjalan kaki ke lokasi wisata air terjun tersebut dengan mudaha.
Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 7000 /1 motor 2 orang.
Fasilitas dan Akomodasi

Semua Sarana transportasi, listrik , dan komunikasi sangat mendukung keberadaan objek wisata ini. Begitu pula, berbagai prasarana fisik yang lain, sepertihalnya  tempat parkir, toilet,  kolam renang, warung, dan musholla.  Bahkan disini, juga disediakannya area untuk berkemah.
by:riszekiindah@yahoo.com/KIM Kentongan
/span>

0 komentar:

Posting Komentar