22.10.14

Pentingnya Pendidikan Sekolah

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang. Pendidikan biasanya berawal saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup hingga orang tersebut di liang lahat, naman pengecualian, pendidikan itu terhenti ketika orang sudah terlalu lanjut usia dan divonis ‘pikun’, maka pendidikan telah berhenti kepadanya. Pendidikan pun dapat berawal dari sebelum bayi lahir, hai ini sudah dilakukan banyak orang. Sebagai contoh dengan memainkan musik, membaca, bahkan mengaji, mengajak berdagang,  kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa si bayi kelak dapat menyerap ilmu sesuai yang diajarkan ketika sebelum lahir.

Mengenyam pendidikan pada institusi pendidikan formal yang diakui oleh lembaga pendidikan negara adalah sesuatu yang wajib dilakukan di Indonesia. Siapapun orangnya hendaknya bersekolah minimal selama 9 tahun lamanya hingga lulus SMP. Semakin tinggi jenjang pendidikan sekolah yang dicapai seseorang, maka akan semakin baik. Namun khusus di kota Blitar, pendidikan harus mencapai 12 tahun. Bahkan khusus warga kota yang memiliki keinginan untuk mengenyam bangku kuliah, pemkot memberikan fasilitas pendidikan gratis hingga kuliah D2. Tepatnya di kampus Akademi Bung Karno.
Manfaat belajar di Sekolah maupun perguruan tinggi antara lain :
1. Melatih Kemampuan Akademis Anak
Dengan melatih serta mengasah kemampuan menghafal, logika, memecahkan masalah, menganalisa, dan sebagainya melalui pendidikan sekolah, maka diharapkan seseorang akan memiliki kemampuan akademis yang baik.
2. Menggembleng dan Memperkuat Mental, Fisik dan Disiplin
Dengan mengharuskan seorang pelajar maupun mahasiswa hadir dan pulang sesuai dengan aturan yang berlaku pada instiusi pendidikan, secara tak langsung dapat meningkatkan kedisiplinan seseorang. Dengan demikian, maka memaksa seorang siswa untuk belajar  secara berkesinambungan.
3. Memperkenalkan Tanggung Jawab
Tanggung jawab seorang anak adalah belajar, dimana orangtua atau wali yang memberi nafkah (khusus Blitar sekolah dibiayai pemerintah kota Blitar mulai SPP, seragam, sepatu, sabuk, buku, ATK, dll). Seorang anak yang menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dengan mengikuti pendidikan sekolah yang rajin akan membuat bangga orang tua, guru, saudara, famili, dan lain-lain dan akhirnya m,embangakan negara.
4. Membangun Jiwa Sosial dan Jaringan Pertemanan
Memiliki teman dengan bersekolah akan memperluas hubungan sosial seorang siswa. Dengan memiliki teman, maka kebutuhan sosial yang merupakan kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi dengan baik.
5. Sebagai Identitas Diri
Lulus dari sebuah institusi pendidikan sekolah, biasanya akan menerima suatu sertifikat atau ijazah khusus yang mengakui kompetensi sesuai yang tertera pada setifikat, memiliki kualitas yang baik dan dapat diandalkan, serta menyandang status sebagai orang terdidik/terpelajar.
6. Sarana Mengembangkan Diri dan Berkreativitas
Seorang siswa dapat mengikuti program ekstrakurikuler/ muatan lokal sebagai pelengkap kegiatan akademis belajar mengajar sehingga dapat mengembangkan minat dan bakat dalam diri seseorang. Semakin banyak memiliki keahlian, kemampuan, ketrampilan dan daya kreativitas, maka akan semakin baik pula kualitas seseorang. Sekolah dan kuliah hanyalah sebagai suatu mediator atau perangkat pengembangan diri, sedangkan yang mengubah diri seseorang adalah hanyalah pribadi orang itu sendiri.
Meski demikian, berapapun lamanya pendidikan sekolah yang harus ditempuh seseorang, dikatakan bahwa SDM dari suatu bangsa merupakan faktor paling menentukan karakter dan kecepatan pembangunan sosial dan ekonomi suatu bangsa.
Diragkum dari berbagai sumber
Salam Kentongan
Thok-thok

/span>

0 komentar:

Posting Komentar