20.2.15

Menjadi pengusaha jamur tiram dan kaya (Produksi bibit 1 - jamur induk)

Menjadi pengusaha jamur tiram dan kaya (Produksi bibit 1 - jamur induk)



Jamur induk adalah jamur pilihan yang akan diturunkan menjadi bibit F0. Jamur ini adalah jamur yang benar-benar pilihan. Jamur untuk induk dipilih berdasarkan bentuk, warna, besarnya, sehatnya, tampilan fisik ideal juga bebas dari hama dan penyakit. Jamur induk yang baik biasanya didapat dari baglog F2 (baglog yang mendapatkan bibit dari indukan F1). Jamur induk merupakan induk dari calon jamur yang akan kita panen di kemudian hari. Satu pohon jamur induk akan mampu dijadikan sekitar 10 Ton / 10.000kg jamur segar. Tidak percaya? Mari kita hitung

1 pohon jamur induk diturunkan menjadi 4 tabung reaksi F0, tiap botol F0 diturunkan menjadi 4 botol indukan F1, dari tiap-tiap botol indukan F1 dijadikan 25 botol bibit jamur F2. Dan tiap-tiap botol F2 dijadikan 50 baglog F3. Dengan penjabaran tadi maka dapat kita hitung “1 x 4 x 4 x 25 x 50 = 20.000 baglog F3”. Jika masing-masing baglog tumbuh sekitar 0.5kg maka akan didapatkan jamur tiram segar sebanyak sekitar 10.000kg. itulah kenapa pemilihan jamur induk begitu penting. Bayangkan jika jamur induk yang kita pilih adalah jamur yang asal-asalan. Maka dapat dipastikan ribuan baglog turunan yang akan kita rawat juga akan menghasilkan jamur yang asal-asalan. Syukur jika masih tumbuh jamur tiram. Jika yang tumbuh jamur asing dan jamur berpenyakit. Maka akan sia-sia apa yang telah dikerjakan. Dan 20.000 log F3 akan terbuang sia-sia.
Menjadi pengusaha jamur tiram dan kaya (Produksi bibit 1 - jamur induk)
Maka dari itu, perhatikan betul memilih jamur induk. Untuk mengingatkan akan pentingnya jamur induk ini maka ingat kata kode kunci hati-hati “1442550” kode itu didapat dari perkalian diatas dengan menghilangkan tanda ‘x’. 1 hal kecil bisa berakibat kerugian yang besar. Mirip teori relativitas milik Einstien, sesuatu yang kecil mampu menghasilkan sesuatu dampak yang besar.
Berdasarkan alur diatas, jika belum berani membuat F0 dari jamur induk, mulailah membuat bibit dari yang paling ringan. Dimulai dari membuat F2 dulu dengan membeli F1 dari perusahaan penyedia benih jamur tiram. Jika berhasil ditingkatkan membuat F1 dengan membeli F0 dari perusahaan penyedia benih jamur tiram. Jika berhasil mulailah membuat F0 sendiri.
bersambung ke Menjadi pengusaha jamur tiram dan kaya (Produksi bibit 1 - jamur induk)

/span>

0 komentar:

Posting Komentar