Dalam dunia penulisan, dunia Blogger, dunia KIM atau Kelompok Informasi
Masyarakat, Vloger maupun
pekerja informas lainnya, kadang kita bingung mau nulis apa ataupun bikin content apa. Sering kali kita asal upload sesuatu tak terkonsep dan
cenderung membosankan. Namun percayalah, semakin sering anda membuat content baik artikel maupun video,
maka semakin lihai anda menguasai bidang yang anda tekuni. Beberapa waktu saya
mempelajari dunia content creator
baik di blogger maupun di youtube. Ada beberapa point penting
yang menurut saya harus tersedia dalam content
yang kita buat agar Content yang kita buat menjadi bernilai sehingga melahirkan traffic..
Hal ini adalah untuk menjaga
penikmat karya kita atau traffic yang akan kita bangun atau kita jaga. Karena apa, setiap content
yang anda buat, pastilah memiliki penikmat tersendiri, kita tidak bisa memaksa
seseorang membaca atau menonton video
kita. Kita harus kreatif dalam membuat content
dan menjaga penikmat content kita
tetap tertarik dengan karya-karya kita selanjutnya.
Dan pastikan bahwa anda memiliki passion di
bidang yang anda lakukan. Membuat content
baik artikel maupun di youtube, adalah harus dengan passion. Jika
anda hanya berharap uang saja, maka akan terasa berat jalannya jika ternyata content yang anda buat di awal-awal
kurang mendapatkan respon. Karena memang,
di awal, pembuat content artikel
maupun video, tidak semulus seperti
yang di tunjukkan talk show Hitam Putih. Banyak proses yang dilakukan content creator untuk menghasilkan
rupiah yang ‘gurih’ dari google adsense.
Lantas, bagaimana sebenarnya
membuat content yang bernilai itu?
1. To Inform
2. To Educate
3. To Influence
4. To Entertaint
Itulah kunci bagaimana membuat content yang bernilai dan mengukur, seberapa layak content yang kita bikin baik artikel maupun video agar semakin di sukai penggemar.
Mari kita bahas satu persatu,
To inform (Memberi Informasi)
Sangat jelas, bahwa content yang kita buat haruslah
menimbulkan pengetahuan bagi penikmat karya kita. Bagaimana kita berupaya
membuat conten baik artikel maupun video yang jika di konsumsi pembaca dan
penonton dapat menambah wawasan, ilmu, pengetahuan maupun kebijaksanaan. Semakin
baru informasi yang anda buat, semakin bernilai
content yang anda ciptakan.
To Educate (Memberi Pedidikan)
Untuk nilai content berkenaan
dengan ini, sebenarnya lebih kepada tanggung jawab social kita kepada sesame. Meskipun
sebatas tanggung jawab social, dan bukan sebuah kewajiban. Nilai yang satu ini akan sangat berdampak terhadap content yang akan kita buat, dan untuk
siapa content tersebut kita buta. Semakain
mencerdaskan ataukah sebaliknya, membidohkan. Seperti hal nya berita Hoak,
berita provokasi, berita bohong, dan content
membodohkan lainnya, semakin educate conten yang kita buat, maka semakin bernilai content yang kita buat. Begitu pun sebaliknya, jika content yang kita buat cenderung hoax
atau membodohkan, maka akan semakin tidak bernilai content yang kita
buat.
To Influence (Memberi Pengaruh)
Nilai content yang kita
buat akan semakin bernilai ketika content yang kita buat, memiliki
pengaruh dan mampu menggerakkan konsumen content
kita. Dalam dunia jurnailistik, hal ini di sebut empowering jurnalisme atau
dengan kata lain, apa yang harus di lakukan pembaca setelah mengkonsumsi content kita? Nha semakin content kita bisa membpengaruhi pembaca
maupun penonton video kita,
berarti semakin ber nilai content kita.
To Entertaint (Memberi Hiburan)
Nilai inilah yang paling banyak di sukai oleh konsumen informasi. Mereka
seringkali menginginkan hiburan. Itulah kenapa, chanel hiburan seperti chanelnya
para artis cenderung memiliki penonton hingga jutaan. Karena memang conten yang
mereka buat adalah untuk menghibur. Meskipun, terkadang lupa akan nilai
lainnya, megesampingkan nilai
educate. Namun prinsipnya adalah, semakin content
kita menghibur, maka semakin bernilai
content yang kita buat.
Dari ke empat nilai content di atas,
dimana kira-kira yang akan kita sajikan. Salah satu? Atau bisa semuanya. Tentu saja,
jika content kita bisa mencakup
semuanya, maka content kita
sangatlah bernilai, jadi tidak harus
fokus pada satu nilai, kita bisa
mencombine beberapa nilai sehingga content kita semakin banyak penikmatnya
dan pundi-pundi melalui google adsense akan semakin ‘Gurih’.
Selanjutnya
Cara agar dapat lolos review site Google adsense
Trik Sederhana dan Pasti Bisa Menulis
Selanjutnya
Cara agar dapat lolos review site Google adsense
Trik Sederhana dan Pasti Bisa Menulis
Salam informasi
Salam kentongan
Thok-thok
0 komentar:
Posting Komentar