19.5.19

4 Hal Penting Agar Content Memiliki Nilai



Dalam dunia penulisan, dunia Blogger, dunia KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat, Vloger maupun pekerja informas lainnya, kadang kita bingung mau nulis apa  ataupun bikin content apa. Sering kali kita asal upload sesuatu tak terkonsep dan cenderung membosankan. Namun percayalah, semakin sering anda membuat content baik artikel maupun video, maka semakin lihai anda menguasai bidang yang anda tekuni. Beberapa waktu saya mempelajari dunia content creator baik di blogger maupun di youtube. Ada beberapa point penting yang menurut saya harus tersedia dalam content yang kita buat agar Content yang kita buat menjadi bernilai sehingga melahirkan traffic..

Hal ini adalah untuk menjaga penikmat karya kita atau traffic yang akan kita bangun atau kita jaga. Karena apa, setiap content yang anda buat, pastilah memiliki penikmat tersendiri, kita tidak bisa memaksa seseorang membaca atau menonton video kita. Kita harus kreatif dalam membuat content dan menjaga penikmat content kita tetap tertarik dengan karya-karya kita selanjutnya.
 Dan pastikan bahwa anda memiliki passion di bidang yang anda lakukan. Membuat content baik artikel maupun di youtube, adalah harus dengan passion. Jika anda hanya berharap uang saja, maka akan terasa berat jalannya jika ternyata content yang anda buat di awal-awal kurang mendapatkan respon.  Karena memang, di awal, pembuat content artikel maupun video, tidak semulus seperti yang di tunjukkan talk show Hitam Putih. Banyak proses yang dilakukan content creator untuk menghasilkan rupiah yang ‘gurih’  dari google adsense.
Lantas, bagaimana sebenarnya membuat content yang bernilai itu?
1.  To Inform
2.  To Educate
3.  To Influence
4.  To Entertaint
Itulah kunci bagaimana membuat content yang bernilai dan mengukur, seberapa layak content yang kita bikin baik artikel maupun video agar semakin di sukai penggemar.
Mari kita bahas satu persatu,

To inform (Memberi Informasi)
Sangat jelas, bahwa content yang kita buat haruslah menimbulkan pengetahuan bagi penikmat karya kita. Bagaimana kita berupaya membuat conten baik artikel maupun video yang jika di konsumsi pembaca dan penonton dapat menambah wawasan, ilmu, pengetahuan maupun kebijaksanaan. Semakin baru informasi yang anda buat, semakin bernilai content yang anda ciptakan.
To Educate (Memberi Pedidikan)
Untuk nilai content berkenaan dengan ini, sebenarnya lebih kepada tanggung jawab social kita kepada sesame. Meskipun sebatas tanggung jawab social, dan bukan sebuah kewajiban. Nilai yang satu ini akan sangat berdampak terhadap content yang akan kita buat, dan untuk siapa content tersebut kita buta. Semakain mencerdaskan ataukah sebaliknya, membidohkan. Seperti hal nya berita Hoak, berita provokasi, berita bohong, dan content membodohkan lainnya, semakin educate conten yang kita buat, maka semakin bernilai content yang kita buat. Begitu pun sebaliknya, jika content yang kita buat cenderung hoax atau membodohkan, maka akan semakin tidak bernilai content yang kita buat.
To Influence (Memberi Pengaruh)
Nilai content yang kita buat akan semakin bernilai ketika content yang kita buat, memiliki pengaruh dan mampu menggerakkan konsumen content kita. Dalam dunia jurnailistik, hal ini di sebut empowering jurnalisme atau dengan kata lain, apa yang harus di lakukan pembaca setelah mengkonsumsi content kita? Nha semakin content kita bisa membpengaruhi pembaca maupun penonton video kita, berarti  semakin ber nilai content kita.
To Entertaint (Memberi  Hiburan)
Nilai inilah yang paling banyak di sukai oleh konsumen informasi. Mereka seringkali menginginkan hiburan. Itulah kenapa, chanel hiburan seperti chanelnya para artis cenderung memiliki penonton hingga jutaan. Karena memang conten yang mereka buat adalah untuk menghibur. Meskipun, terkadang lupa  akan nilai lainnya, megesampingkan nilai educate. Namun prinsipnya adalah, semakin content kita menghibur, maka semakin bernilai content yang kita buat.
Dari ke empat nilai content di atas, dimana kira-kira yang akan kita sajikan. Salah satu? Atau bisa semuanya. Tentu saja, jika content kita bisa mencakup semuanya, maka content kita sangatlah bernilai, jadi tidak harus fokus pada satu nilai, kita bisa mencombine beberapa nilai sehingga content kita semakin banyak penikmatnya dan pundi-pundi melalui google adsense akan semakin ‘Gurih’.
Selanjutnya
Cara agar dapat lolos review site Google adsense
Trik Sederhana dan Pasti Bisa Menulis

Salam informasi
Salam kentongan
Thok-thok

/span>

0 komentar:

Posting Komentar