11.9.14

KIM Kentongan berbagi di radio Mahardika 95.90 FM Kota Blitar

KIM Kentongan berbagi di radio Mahardika  95.90 FM Kota Blitar. Kamis, 11 September 2014 warga pengurus KIM Kentongan di undang tim dari Mahardika FM untuk berbagi informasi tentang KIM. Di dampingi bapak Andi Abimanyu  selaku pembina dari dinas Inkoparda, KIM Kentongan menjadi narasumber dalam acara lesehan mahardika, banyak hal yang di perbincangkan selama 2 jam acara tersebut. Adapun ringkasan wawancara dapat kami sajikan secara singkat dan tertulis sebagai berikut.
Perkenalan anggota KIM yang saat ini ikut hadir hadir.....?
Yang di perkenalkan saat itu adalah
ketua, ROMA HUDI FITRIANTO; sekretaris, GUNA WAN; 
Bidang Pengelolaan Informasi,AJI ERWANTO; dan salah seorang anggota, WING SADAM.

Kandungan makna nama KIM Kentongan?
Menurut sejarah berdiri KIM Kenthongan, sebelumnya ada beberapa pilihan nama yang muncul yaitu Lentera Mas, Pelita, dan Cahya Desa. Terjadi perdebatan kembali dalam penentuan nama. Masing-masing  nama memiliki pendukung yang jika di paksakan malah menimbulkan rasa ketidakpuasan dari pendukung nama yang tidak terpilih. Hingga akhirnya muncul pertanyaan,”dulu media penyampai informasi  yang ampuh mendatangkan banyak orang apa ya…?” Dari pertanyaan itulah muncul istilah “KENTONGAN” dari bibir Nofiana Rahayu. Sejenak semua peserta merenung, dan tanpa pikir panjang, semua peserta rapat meng’amin’I nama tersebut. Akhirnya nama KIM “KENTONGAN” lah yang di sepakati. 

Markas kim kentongan?
Markas kim kentongan terbagi menjadi tiga titik untuk memudahkan penyebaran informasi di tiap dusun. Wilayah klampok terdiri dari 3 dusun yang saling bedekatan diantaranya sawahan, klampok dan talun.  Markas di dusun klampok di rumah bapak gunawan JL. TERNATE 175 RT 1/4, markas di dusun talun rumah bapak Aji  JL. FLORES 65  dan markas utama di jalan sulawesi no 62 rumah bapak Roma Hudi Fitrianto.

Produk unggulan kim kentongan?
Produk yang menjadi unggulan kim kentongan adalh produk-prodk yang berkenaan dengan budidaya jamur tiram, mulai dari pembibitan, media, jamur segar, pelatihan, serta produk-produk olahan seperti kripik, djamcok/djmoercoklat, kopi lingshi, teh lingzhi dan coklat lingxhi. Bahkan kim Kentongan juga memiliki agrowisata yang memungkinkan seseorang yang berkunjung dapat memetik jamur sendiri kemudian di timbang.

Prestasi kim kentongan?
Prestasi yang dimiliki sementara masih sebagai juara I lomba cerdik cermat komunikatif  (LCCK) kota blitar 2014 yang di selenggarakan di istana gebang bulan mei kemaren.

Riwayat prestasi kim kentongan?
sebagai juara I lomba cerdik cermat komunikatif  (LCCK) kota blitar 2014
untuk produk unggulannya berhasil menjadi 5 terbaik teknopreneur pemuda pemula se-kota blitar.

Yang di lakukan kim kentongan keterkaitan dengan penyebarluasan informasi bersama pemerintah desa?
ikut menyampaikan informasi terkait pemerintahan terutama di wilayah terkecil kelurahan klampok, seperti penyampaian info tentang himbauan membayar PBB, ikut menyosialisasikan kegiatan desa seperti posyandu lansia, bekti sosial, dll. Yang terakhir menyampaik informasi tentan pergub no 51 gubernur jatim tentang bahaya dari organisasi ISIS yang mengancam NKRI.

Anggota kim kentongan?
Yang tercatat dalam buku anggota, anggota kim kentongan berjumlah 19 yaitu, ROMA HUDI FITRIANTO, GUNAWAN, NOFIANA RAHAYU, LUCKY TANTA WAHONO, AJI ERWANTO, RISZEKI INDAH SARI, WING SADAM, UDOJO WIDODO, ABDUL CHARIS, YULI RISWATI, SOFIATUL HASANAH, SURATI, SUMIATI, SUPREH KUSUMAS-TUTI, TATIK MUJIATI-NINGSIH, SUKATMIATI, DWI ASTUTI, MUJI RAHAYU, dan  SALSA NURWIASIH

Bagi warga yang  kepengen ikut gabung menjadi anggota kim dapat mengunjungi markas di 3 titik tadi untuk mendapatkan dan mengisi formulir anggota.

Kegiatan usahaKIM Kentongan?
kegiatan usaha macam-macam, tiap-tiap anggota memiliki usaha yang variatif, seperti pak aji yang memiliki usaha sapi perah, mas gunawan yang memiliki usaha sablon dan katering, roma memiliki usaha jamur tiram, nofi memiliki usaha koi, supreh memiliki usaha stik bawang, bu tatik memiliki usaha obat herbal, wing sadam memiliki usaha kripik jamur dan djmacok, dll.

Omzet ?
omzet kotor khusus produk unggulan dapat mencapai 20jt/bln.omzet punya mas aji 30rb bersih/ hari, omzet mas gunawan sekitar 10j/bulan dan omzet mbak wing sadam di kisaran 2jt/bulan.

Pemasaran produk ?
pemasaran masih lokal kota dan kabupaten blitar, khusus yang olahan telah menembus hongkong.

Apakah kim kenthongan  juga menjadi destinasi/tujuan wisata?
iya benar, beberapa instansi pendidikan sering berkunjung ke markas kami untuk agrowisata kampung jamur?

alamat situs web?
http://kimkentongan.blogspot.com/

nomer hp yang bisa di hubungi?
085755752555

Demikian rangkumkan wawancara yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Salam kenthongan
Thok-thok

/span>

0 komentar:

Posting Komentar