28.12.14

Monumen Tugu Trisula

Monumen Tugu Trisula

Tepat  pada tanggal 18 Desember 1972 Deputy Kasad Bapak Letjen TNI Mochamad Jasin di daerah Blitar, Jawa Timur tepatnya di Desa Bakung Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar selatan telah meneresmikan monumen bersejarah ini. Monumen ini bertempat tepat di desa Bakung Kec.Bakung, 28 km dari pusat pemerintahan Kab. Blitar, dan kokoh tegak di atas tanah seluas kurang lebih 5.625 m2
Pada tahun 1968 adalah sejarah yang sangat heroik Blitar tepatnya di Desa Bakung terjadi aksi penumpasan sisa-sisa gerombolan PKI yang melarikan diri ke daerah Blitar selatan. Pasukan Brigif linud 18/Trisula di bawah pimpinan Kolonel Inf Witarmin bersama rakyat Blitar yang masih setia terhadap Pancasila saling bahu membahu, dan bekerjasama untuk memberantas aksi pemberontakan PKI di Blitar.
Monumen Trisula dibangun guna mengenang  tragedi pemberantasan PKI didaerah Blitar dimana satuan jajaran Brigade Infanteri Lintas Udara 18/Trisula melaksanakan Operasi pemberantasan PKI yang dipimpin langsung oleh Danbrigif Linud 18 pertama Kolonel Inf Witarmin.


 “ Monumen Trisula “ monumen ini juga dijadikan suatu tempat bersejarah dimana para prajurit yang masuk dalam jajaran Brigif linud 18/Trisula melaksanakan napak tilas dan melaksanakan tradisi pembaretan Wing Lintas Udara serta melaksanakan renungan atas jasa-jasa yang telah dilaksanakan oleh para pendahulu Brigade Infanteri Lintas Udara 18/Trisula dan tidak sedikit dari masyarakat dan mahasiswa di Wilayah Jawa Timur yang melaksanakan napak tilas dan renungan suci di Monumen Trisula untuk mengenang aksi penumpasan PKI di Blitar Selatan.



Keberadaan Monumen Trisula membuktikan betapa gagah dan gigihnya para prajurit patriot bangsa untuk membela dasar negara kita yaitu Pancasila. 
Banyak korban yang gugur dari pihak PKI maupun Tentara kita. Para Pahlawan Trisula terdaftar di badan Monumen Trisula ( bisa dilihat di Monumen Trisula )




(by. riszekiindah@yahoo.com/KIM Kentongan)
/span>

0 komentar:

Posting Komentar