17.10.18

Apa itu Cryptocurrency?



Beberapa istilah Cryptocurrency yg perlu kita ketahui:

*Cryptocurrency* adalah mata uang digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran menggunakan teknologi cryptography untuk mengamankan transaksi dan untuk mengendalikan penciptaan unit mata uang tambahan, cryptocurrency juga didefinisikan sebagai mata uang alternatif dan mata uang virtual.

*Bitcoin* adalah mata uang digital cryptocurrency terdesentralisasi pertama yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin sudah ditetapkan sebagai software open source yang menggunakan sistem peer-to-peer (P2P), dan proses transaksinya tanpa perantara.

*Altcoin* adalah singkatan dari Alternatif Coin, pada dasarnya nama Altcoin digunakan untuk coin cryptocurrency selain Bitcoin contohnya seperti Etherum, Litecoin, Dogecoin, Dash dll. Biasanya harga Altcoin dipengaruhi oleh harga Bitcoin, misalnya harga Bitcoin sedang turun nah harga Altcoin akan naik tajam begitupun sebaliknya jadi bisa dibilang harga Bitcoin dan Altcoin saling mempengaruhi satu sama lain.

*Wallet* atau bisa juga disebut dengan Address adalah media untuk menyimpan coin cryptocurrency seperti Bitcoin dan Altcoin. Nantinya Anda akan menggunakan wallet ini untuk bertransaksi baik mengirim maupun menerima, berbeda jika Anda menyimpan aset kekayaan di Bank akan dikenakan biaya admin namun jika Anda menyimpan aset kekayaan di wallet tidak akan dikenakan biaya apapun.

*Faucet* dalam bahasa Indonesia mempunyai arti "keran air" namun dalam dunia cryptocurrency mempunyai arti lain, Faucet adalah sebuah website atau situs yang memberikan coin cryptocurrency secara gratis setelah penggunanya menyelesaikan tugas kecil seperti solve captcha, mengisi survey, melihat iklan, menonton video, membagikan artikel dll.

*Marketplace* adalah tempat pertukaran coin cryptocurrency dimana antara pembeli dan penjual akan dipertemukan dalam satu tempat yang sudah disedikan oleh pemilik perusahaan e-commerce.

*Exchanger* adalah tempat untuk menukarkan mata uang dengan mata uang lainnya secara instant, berbeda dengan marketplace proses pertukaran mata uang dengan exchanger dilakukan secara langsung oleh pihak pemilik exchanger tersebut dengan pembeli maupun penjual.

*Peer To Peer (P2P)* adalah transaksi terpusat yang menghubungkan kedua belah pihak secara langsung dalam jaringan yang sama.

*Mining* dalam bahasa Indonesia mempunyai arti nambang atau menambang dengan proses pemecahan block alghoritma menggunakan perhitungan matematika yang dilakukan oleh hardware seperti GPU, CPU, ANTMINER, ASIC untuk mendapatkan reward berupa coin cryptocurrency.

*Cloudmining* adalah proses menambang coin cryptocurrency tanpa menggunakan hardware, jika Anda ingin menambang coin cryptocurrency menggunakan cloudmining Anda tidak harus membeli hardware akan tetapi Anda harus menyewa hardware tersebut dari penyedia layanan cloudmining.

*Blockchain* adalah sebuah jaringan tanpa server yang menyimpan daftar lengkap semua block yang telah ditambang sejak awal cryptocurrency tertentu diluncurkan. Dalam arti lain Blockchain adalah media untuk merekam semua transaksi yang telah terjadi, semua data yang berada di Blockchain sifatnya mutlak tidak bisa diubah maupun di palsukan.

*Block* sendiri merupakan sebuah kumpulan data dari transaksi yang menjadi elemen dasar sebuah cryptocurrency. Biasanya setiap kali transaksi dilakukan, informasi mengenai transaksi tersebut dikumpulkan. Saat dikumpulkan dan mencapai ukuran tertentu, data akan dirangkai menjadi sebuah block. Setelah block dibuat harus menjalani sebuah verifikasi. Setelah verifikasi selesai dilakukan maka dilakukan proses mining atau penambangan.

*51% Attack* merupakan istilah yang ingin menggambarkan kondisi di mana terdapat lebih dari separuh tenaga komputasi jaringan cryptocurrency dikendalikan oleh sekelompok penambang. Kondisi ini menyebabkan adanya tenaga komputasi dari sebuah kelompok yang akan menjadi otoritas jaringan. Dengan kata lain, klien dalam jaringan tersebut memilih percaya pada transaksi block yang menjadi hasil dari sekelompok penambang tersebut.

*hash* adalah sebuah proses matematis yang dilakukan untuk mengambil variabel data untuk menghasilkan output pendek. Lamanya proses matematis ini sendiri telah ditentukan sejak awal. Hashing memiliki dua karakter yang pertama akan sulit secara matematis untuk mengetahui input asli tanpa harus melihat output. Karakter kedua, membuat perubahan kecil pada input akan membuat output yang sangat berbeda.

*Coinbase* digunakan sebagai nama lain untuk menyebut input transaksi pembuatan coin yang baru. Saat coin ditambang, tidak berarti coin tersebut diambil dari pemilik coin lainnya, melainkan coin yang telah ditambang menjadi reward bagi Anda penambang. Nantinya reward dicatatkan sebagai sebuah transaksi yang menjadi pengganti alamat dari pengguna lain coin. Selain itu coinbase juga sebuah layanan dompet Bitcoin yang dapat digunakan untuk pembayaran jual beli hingga perantara pembelian Bitcoin.

*Whale* atau ikan paus merujuk pada seseorang yang memiliki cryptocurrency dalam jumlah luar biasa banyak. Orang-orang ini umumnya merupakan early adopter yang sejak awal sudah menaruh kepercayaan pada koin kripto, namun bisa juga orang yang baru mengenalnya namun ingin berinvestasi dalam jumlah besar.

*Token* merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut mata uang baru atau altcoin baru yang menggunakan jaringan ethereum sebagai dasarnya. Kripto koin baru ini biasanya mengumpulkan uang dengan menerbitkan token mereka sendiri. Beberapa contohnya seperti EOS dan Tron (TRX).

*Initial Coin Offering (ICO)* memiliki banyak kemiripan dengan Initial Public Offering (IPO) atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai Penawaran Saham Perdana. Perusahaan rintisan akan menerbitkan token mereka yang bisa dibeli oleh para ‘calon pemegang saham’ dengan menggunakan Ether/Ethereum. Pada dasarnya, ICO yang ada saat ini adalah penggalangan dana menggunakan platform Ethereum.

*Genesis Blok* merupakan blok pertama yang ada pada rantai blok atau blokchain

*Blok reward* merupakan reward atau hadiah yang diberikan kepada penambang yang telah berhasil dalam melakukan hash terhadap blok transaksi. Transaksi dimana crypto currency yang bersangkutan akan dikenakan biaya transaksi.

*Depo (Deposit)* isi saldo, dalam dunia bitcoin kata depo sering digunakan jika seseorang melakukan sebuah investasi

*Exchanger* tempat penukaran bitcoin ke Usd dan coin2 lainnya seperti (Binance, OKEx, Bithumb, Bittrex, Indodax dll liat listnya di Coinmarketcap.com)

*Proof of Work* – Bukti Kerja (PoW) sebagai status sebutan adalah validasi dari pekerjaan yang terjadi dan membuktikan pekerjaan itu sah. Bitcoin dan banyak altcoin mengikuti cara konsensus ini untuk memastikan keabsahan rantai itu bagus.

*Proof of Stake (POS)* adalah proses yang digunakan dompet Anda untuk memvalidasi transaksi dalam konsensus yang terdistribusi dengan menciptakan blok baru pada jaringan blockchain. Ini adalah metode alternatif dari proses yang digunakan oleh bitcoin yaitu Proof of Work (POW).

*Delegated Proof of Stake (DPOS)* adalah metode baru untuk mengamankan jaringan mata uang kripto. DPOS mencoba memecahkan masalah sistem Bukti Kerja tradisional Bitcoin, dan sistem Proof of Stake dari Peercoin dan NXT. DPOS menerapkan lapisan demokrasi teknologi untuk mengimbangi efek negatif dari sentralisasi.

*WD (withdraw)* proses transfer coin dari akun mining/hyip/PTC dll ke dalam wallet

*Trading* Melakukan aktifitas jual - beli di situs2 exchanger bitcoin (Binance, OKEx, Bithumb, Bittrex, Indodax, Editeg dll liat listnya di Coinmarketcap.com)

/span>

0 komentar:

Posting Komentar