26.2.18

3 MACAM ENTREPRENEUR

Di dunia ini ada 3 macam entrepreneur :

1. Born Entrepreneur, yaitu entrepeneur yg memang sejak awal memiliki bakat atau mereka yg menang undian di kandungan dan dilahirkan di lingkungan entrepreneur. Biasanya mereka sdh memutuskan sejak awal untuk menjadi entrepreneur.

2. Accidental Entrepreneur. Sebagian besar entrepreneur termasuk golongan ini. Yaitu mereka yg menjadi entrepreneur karena terpaksa. Misalnya tidak diterima bekerja di mana mana atau kena PHK. Biasanya mereka tidak begitu menginginkan anaknya menjadi entrepreneur. Sehingga tidak ada pola pelatihan yg intensif sejak si anak kecil. Akibatnya, dari generasi ke generasi biasanya jarang ada peningkatan kualitas entrepreneurship mereka. Berbeda dengan golongan 1 diatas.

3. Trained Entrepreneur, adalah entrepreneur yg dilatih. Latihannya tentu bukan di sekolah bisnis karena di sekolah bisnis kita dilatih menjadi pegawai. Pelatihan yg paling tepat menurut Robert T Kiyosaki adalah di sebuah bisnis Networking yang baik. Anda bisa membaca buku BUSINESS SCHOOL dari Robert T Kiyosaki.

Jaman orang tua saya dulu, pintu untuk menjasi seorang pengusaha besar atau bersistem nyaris tertutup untuk orang biasa. Kesempatan hanya bisa diperoleh oleh golongan 1 dan sedikit golongan 2. Tetapi dengan adanya sistem bisnis ke 3 setelah bisnis besar dan waralaba, kesempatan terbuka lebar. Tahun 2010, majalah Forbes mengatakan bahwa 20% milyarder di Amerika berasal dari entrepreneur golongan 3 ini yaitu mereka yg bergerak di networking. Sedang yg 80% masih dari bisnis lama yg sdh ratusan tahun ada.

0 komentar:

Posting Komentar