1.5.14

KWT Dewi Sri Berjaya

 KWT Dewi Sri Berjaya
Salah satu bentuk pemberdayaan petani, khususnya petani perempuan adalah pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT). Wanita tani selain bertanggung jawab terhadap rumah tangga, memiliki potensi yang besar dalam mengelola pertanian di sekitar lingkungannya. Salah satu tujuan pembentukan KWT adalah memaksimalkan potensi wanita tani dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kesejahteraan keluarga tersebut tidak hanya diukur dari pendapatan keluarga, tetapi juga kemandirian dalam menyediakan kebutuhan sehari-hari.
Di perdesaan, khususnya desa Klampok lk Talun, kec. Sananwetan, kota. Blitar masih terdapat banyak sekali pekarangan yang belum termanfaatkan secara optimal. Pekarangan yang belum termanfaatkan tersebut sebenarnya memiliki potensi dijadikan kebun mini keluarga sehingga kebutuhan makanan sehari-hari dapat tercukupi secara mandiri. Misalkan masih ada sisa, hasil panen kebun mini tersebut dapat dijual ke tetangga atau orang lain. Selain itu, pengelolaan dengan cara organik dapat meningkatkan
kualitas bahan pangan keluarga. Sehingga kemandirian pangan keluarga dapat tercukupi secara kuantitas dan kualitas. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan penguatan jiwa kewirausahaan dan pendampingan Kelompok Wanita Tani.
pendampingan oleh dinas pertanian. maka terbentuklah kelompok wanita tani dengan nama "DEWI SRI" yang ber aggotakan 40 orang. anggota rata-rata berasal dari ibu tani atau buruh tani lk tersebut. selain bidang pertanian mereka juga berkiprah dal;am bidang perikanan. berikut fambar-gambar kegiatan KWT DEWI SRI lk Talun Klampok yang telah mendapat juara 1 KWT terbaik kota Blitar.

kerja bakti pemanfaatan lahan kosong
 pembuatan media tanam
prmindahan tanaman ke media polybag
perawatan polybag

 panen... he2...
bagi siapapun yang berkenan membeli bibit ataupun sayur organik, dapat langsung menuju KWT Dewi Sri dengan lokasi lk Talun RT 09/07selain bidang pertanian, selanjutnya akan kita temukan pula budidaya peternakan dan perikanan di sini.


/span>

0 komentar:

Posting Komentar