15.8.15

Pentas Jaranan Warnai HUT NKRI di Klampok

Malam minggu minggu ke 2 Agustus tahun ini menjadi sangat meriah d RT 2 RW 2 kelurahan Klampok kota Blitar. Pasalnya pada malam ini Warga tersebut punya gawe yakni mengundang grup jaranan dalam rangka memeriahkan rangkaian kegiatan peringatan HUT NKRI ke 70 ini.
Berbagai tarian di suguhkan dalam pentas tersebut dalam frame kesenian tradisional jawa. Diantaranya ada tari jaranan, tari sentherewe, sesonderan, tari celeng dan tentu saja pertunjukan yang d tunggu-tunggu tari barong.

Tari barong yang selalu di nanti tersebut karena iconnya yang unik, dimana tari ini hampir selalu menampilkan atraksi yang begitu mendebarkan. Bagaimana tidak, penari tari barong seolah di buat tak sadarkan diri dengan penampilannya. Ia akan bertingkah yang aneh-aneh. Seperti, memecah kelapa dengan tangan kosong tanpa di banting, kadang penari juga makan beling, bahkan penari juga makan bara api namun tetap dalam iringan gamelan yang menghentak-hentak menambah suasana hati berdebar.
Sosok barong di gambarkan dengan kepala naga yang di sebut 'barongan'. Barongan tersebut yang di main-mainkan penari dengan memasangnya sebagai kepala ataupun memukul-mukulkan barongan tersebut ke anggota tubuh penari sendiri.
Seru banget lah. Pertunjukan jaranan yang tampil di RT 2/2 tersebut di mainkan oleh grup jaranan dari desa Jatinon Kec. Kanigoro Kab. Blitar dengan nama budoyo yang di pimpin oleh bapak Boirin.
Tertarik menontonnya?
Salam kentongan
Thok- thok
/span>

0 komentar:

Posting Komentar