7.5.15

Sosialisasi Lomba Inotek Kota Blitar

Dalam rangka mendorong pengembangan kreativitas masyarakat Kota Blitar terkait inovasi teknologi dan untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif Kota Blitar, Bappeda Kota Blitar menyelenggarakan Lomba Inovasi Teknonologi 2015. Sosialisasi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Kota Blitar pada hari Selasa, 14 April 2015. Sosialisasi dihadiri oleh SKPD terkait, Kecamatan, perwakilan sekolah dan perguruan tinggi di Kota Blitar.
Lomba inotek ini diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan terhadap karya inovasi teknologi yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Blitar  sekaligus untuk mendorong munculnya kreatifitas dalam bidang inovasi teknologi. Lomba ini juga diselenggarakan dalam rangka memantapkan persiapan Kota Blitar dalam mengikuti Penganugerahan Inovasi Teknologi Tingkat Provinsi Jawa Timur.
Peserta rapat menyarankan agar informasi ini disebarluaskan melalui media elektronik dan juga menjangkau Kelurahan dan sekolah terutama tingkat SMP dan SMA. Selengkapnya informasi tentang Lomba ini dapat diperoleh di  http://bappeda.blitarkota.go.id/berita-2467-lomba-inovasi-dan-teknologi-kota-blitar-2015.html.
Lomba dibagi menjadi 3 ketegori yaitu Agribisnis, Energi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Lomba dapat diikuti oleh masyarakat Kota Blitar baik atas nama perorangan atau kelompok. Kelompok dapat berupa Kelompok masyarakat (Kelompok siswa/mahasiswa, KSM, BKM, Kelompok Tani, KWT dll), lembaga penelitian peguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Pelaksanaan Lomba dari bulan April sampai Juli 2015.
Kriteria Penilaian meliputi lingkup inovasi yang dihasilkan, kemudahan didesiminasi dan diadopsi oleh masyarakat, tingkat kemudahan teknologi diaplikasikan pada industri kecil, ketersediaan bahan baku yang digunakan dalam merakit teknologi, kemudahan dalam skala investasi dan manajemen untuk dijangkau masyarakat, keberlanjutan dan manfaat temuan inovasi, ingkat kemudahan perawatan/servis teknologi, dampak ekonomi dari temuan/inovasi tersebut, efisiensi dari temuan/hasil inovasi teknologi dibandingkan dengan yang sudah ada dan orisinalitas inovasi.
Tahapan penilaian lomba meliputi penilaian profil lomba, presentasi semi finalis dan kunjungan lapangan untuk peserta finalis. Sistematika profil inovasi terdiri dari latar belakang munculnya inovasi, proses pembuatan, keuntungan dan keunggulan, manfaat, keberlanjutan, spesifikasi teknis dan foto proses pembiatan dan hasil inovasi.
Pemenang Lomba akan memperoleh bantuan dana pengembangan inovasi sebesar :
Juara I masing-masing kategori   : Rp. 4.000.000,-
Juara II masing-masing kategori  : Rp. 3.000.000,-
Juara III masing-masing kategori : Rp. 1.500.000,-
Selain itu pemenang akan mewakili Kota Blitar sebagai peserta Lomba Inovasi Teknologi Provinsi Jawa Timur Tahun 2015.

Profil Inovasi dapat dikirimkan paling lambat 5 Juni 2015 ke :
Sekretariat Lomba Inotek Kota Blitar 2015
Bidang Data dan Litbang Bappeda Kota Blitar
Jalan Merdeka 105 Blitar
Contoh profil inovasi dapat didownload di website bappeda.blitarkota.go.id.

sumber.. bappeda.blitarkota.go.id

/span>

0 komentar:

Posting Komentar