9 Tips Meningkatkan Kunjungan Toko Online (bagian 1)
Masih ada yang berpikir bahwa websiteadalah media yang tidak perlu dipromosikan, seakan-akan website adalah media ajaib yang bisa memancing penjualan secara drastis tanpa usaha lagi. Inilah yang harus diluruskan dalam pemahamannya, bahwa website pun perlu dipromosikan ke media lain tips meningkatkan kunjungan toko online.
Ada juga kebiasaan ketika pengusaha selesai membuat website kemudian berpromosi dengan menuliskan domain di setiap kartu nama, brosur dan email. Itu wajar. Tetapi jika dicermati maka sebenarnya ada yang lebih cepat dalam menyegerakan efektifas website tanpa harus menunggu proses disain cetak itu selesai, yaitu dengan memanfaatkan media onlineyang sudah ada.
Ada beberapa cara untuk mempromosikan sebuah toko online, dengan tujuan agar website memiliki banyak kunjungan karena dengan kunjungan yang tinggi akan memperlebar peluang terjadinya transaksi. Adapun beberapa tipsnya dapat diuraian sebagai berikut.
Pertama, melakukan blogwalking, adalah suatu cara menjalin kerjasama dengan berkunjung ke blog pihak lain dan menuliskan komentar di blog-blog tersebut, pantangannya adalah spamming yaitu memberikan komentar yang tidak berarti dengan bentuk kalimat yang sama terhadap puluhan blog. Buatlah senatural mungkin dan memberikan motivasi, karena blog walking juga untuk saling mendukung media online lain. Carilah blog dengan kualitas bagus dan kunjungan tinggi, bisa menggunakan Google dan Alexa. untuk mencarinya.
Kedua, catatan dalam facebook, mungkin secara umum sudah banyak yang menggunakan facebook namun sekedar membuat status di dinding, maka ubahlah kebiasaan tersebut dengan mencoba berbagi tulisan bermanfaat sekitar satu halaman, bisa berkenaan dengan kesehatan, mendidik anak atau yang lain. Prinsipnya sebisa mungkin membuat catatan yang ada hubungannya dengan produk Anda. Dengan cara ini maka kebiasaan memanfaatkan TAG di facebook akan dikurangi, karena memang tidak semua mau dengan ikhlas menerimanya.peluang bisnis rumahan tahun 2014
Ketiga, langsung bergabung ke forum online dan buatlah di signature atau profile. Harus diingat berikan tulisan yang baik ke forum online, jangan terjebak pada pertentangan dan perdebatan sengit, karena misinya adalah mengenalkan website bisnis kita. Forum online yang dimaksud bukan forum jual beli tetapi bisa komunitas, dikusi hobi, diskusi sesama wanita, diskusi sesama profesi atau diskusi peluang kerja.
Keempat, memanfaatkan forum yang berbentuk media jual beli seperti KASKUS, fungsinya adalah menarik member KASKUS yang memang berminat terhadap produk Anda atau ingin dijadikan rekan kerjasama untuk reseller. Ini salah satu tips bagaimana kita mendekati segmen yang dituju dan memanfaatkan kebiasaan pasar yang kita tuju, karena menggunakan media jual beli di KASKUS sudah menjadi sebuah kebiasaan. Jumlah member KASKUS yang besar memperlebar kemungkinan posting di media tersebut dibaca oleh banyak member peluang bisnis rumahan tahun 2014.
Kelima, bergabung ke komunitas online. Mohon diingat bahwa komunitas online tidak selamanya berbentuk forum online, bisa saja blog tips trik, blog pengumumaan agenda kegiatan, blog tukar pengalaman atau justru katalog blog. Misal seperti pestablogger.com, blogcatalog.com bisa juga jika yang hobi fauna masuk ke kicaumania.org. Sehingga yang perlu diingat ada 2 tipe komunitas online ; pertama, komunitas yang lahir dari adanya forum online, kedua, komunitas offline yang kemudian membentuk media komunikasi online, perbedaannya pada kekuatan fanatismenya.
0 komentar:
Posting Komentar