13.3.18

Gejala Kanker Payudara Sebelum Terlambat, no 5 sering terabaikan

Oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Kanker payudara sering kali hadir tanpa disadari penderitanya. Kenali gejalanya dan atasi sebelum terlambat!

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata kanker payudara? Seram, takut, atau mematikan mungkin cukup untuk mewakili pikiran kebanyakan orang ketika mendengar penyakit mematikan ini.

Sama dengan kanker lainnya, kanker payudara memang dapat mengancam nyawa. Namun tahukah Anda, bila terdiagnosis pada stadium awal dan segera diterapi, angka kesembuhan bisa mencapai 100%?

Untuk meningkatkan angka harapan hidup, penting bagi Anda untuk dapat melakukan deteksi dini. Tidak melulu dengan USG payudara atau mammografiberkala, tindakan ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan diri sendiri. Namun sebelum itu, berikut gejala kanker payudara yang perlu Anda ketahui:

1. Pembengkakan atau benjolan pada payudara

Pembengkakan atau benjolan pada payudara memang tidak melulu akibat kanker. Hanya 10%-nya saja yang terbukti merupakan pertanda kanker payudara. Meskipun demikian, jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2.Perubahan bentuk pada salah satu atau kedua payudara

Apakah Anda mengalami perubahan payudara tanpa sebab yang jelas? Jangan anggap sepele! Ini bisa menjadi pertanda awal adanya sel kanker yang sedang berkembang pada payudara Anda.

3.Adanya cairan yang keluar dari puting

Selain ASI, bila ada cairan yang keluar dari puting disertai dengan gejala lain –seperti perubahan bentuk puting– maka tanda ini patut dicurigai sebagai gejala kanker payudara.

4.Perubahan warna dan bentuk kulit payudara

Salah satu gejala kanker payudara adalah adanya perubahan warna kulit payudara menjadi merah, lebih gelap atau justru lebih terang dari kulit sekitarnya. Selain itu, perubahan pori yang lebih besar juga harus diwaspadai. Dalam istilah medis, pelebaran pori ini disebut dengan peau d’orange atau perubahan yang menyerupai kulit jeruk.

5.Puting yang tertarik ke dalam

Sel-sel kanker bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut di dalam payudara dan menarik puting ke arah dalam. Kondisi ini dapat dijadikan gejala yang merujuk ke arah kanker payudara.

Pada stadium lanjut, kanker payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, bahkan sebelum timbul gejala yang signifikan. Oleh karena itu, adanya pembengkakan di sekitar leher dan ketiak juga patut diwaspadai sebagai gejala kanker payudara.

Jangan pernah sepelekan perubahan sekecil apa pun pada payudara Anda. Segera kunjungi dokter untuk memastikan, apakah gejala tersebut adalah akibat kanker payudara atau hal lainnya. Ingatlah, penanganan dengan segera dapat memberikan kesembuhan hingga 100%.

0 komentar:

Posting Komentar