2.12.15

Kota Blitar Raih Penghargaan Indonesia Smart Nation Award 2015

Kota Blitar Raih Penghargaan Indonesia Smart Nation Award 2015

BLITAR - Kota Blitar kembali menorehkan prestasi. Kali ini memperoleh penghargaan Indonesia Smart Nation Award 2015. Kategori kabupaten/ kota kecil terbaik IV tingkat nasional. Dengan nilai smart region maturity indek 44.26 rating C +.
Drs. Rudy Wijonarko, M.Si Plt Sekda Kota Blitar pada Jumat (27/11), mengatakan bahwa penghargaan indeks kota pintar dari penilaian yang dilakukan penyelenggara Citiasia Center For Smart Nation bekerjasama dengan Kementrian Dalam Negeri dan DPR RI ini menunjukkan hasil kerja pemerintah Kota Blitar dan seluruh masyarakat. Dalam menciptakan inovasi-inovasi, utamanya terkait dengan pengembangan tehnologi informasi. Di kota Blitar hampir semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah menggunakan tehnologi informasi. Bahkan sudah berkembang di sekolah-sekolah dan dimasyarakat. Dengan memasang wifi di fasilitas umum yang dapat mendukung perkembangan pembangunan, perkembangan perekonomian, perkembangan pendidikan di Kota Blitar bisa lebih cepat.

Rudy menambahkan, ada beberapa point yang menjadi indikator penilain. Diantaranya dari data statistik, dapat melihat sejauh mana tingkat perkembangan perekonomian,  tingkat kesejahteraan masyarakat, tingkat pendidkan dan sebagainya. Data keuangan daerah yang secara tertib telah melakukan pengelolaan keuangan, utamanya pelaporan ke Kementrian Keuangan, Pemerintah Provinsi dan lembaga-lembaga yang membutuhkan data-data keuangan ini. Laporan hasil Audit keuangan daerah, Kota Blitar sudah berkali kali mendapat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).  Dokumen rencana pembangunan dan keuangan daerah, monitoring terhadap web resmi pemerintah daerah dan data inovasi pada pelayanan publik, analisis dan monitoring di 72 media cetak nasional dan lokal, serta di sekitar 100 media online.
Rudy berharap, kedepannya Kota Blitar lebih meningkatkan pemanfaatan tehnologi  informasi yang bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh seluruh warga masyarakat.
/span>