4.3.15

Asal muasal SRI (System of Rice Intensification)

Asal muasal SRI (System of Rice Intensification)


Metodologi SRI dimulai penelitiannya pada awal tahun 1980 oleh Fr. Henri de Laulanié, SJ, yang saat itu datang ke Madagaskar setelah mendapat tugas dari Perancis pada tahun 1961. Meskipun Selama 34 tahun terakhir hidupnya bekerja dengan petani Malagasi untuk memperbaiki sistem pertanian , dan khususnya produksi beras , karena beras merupakan makanan pokok di Madagaskar. Beras menyediakan lebih dari setengah kalori harian yang dikonsumsi di Madagaskar, tanda signifikansi budaya dan bersejarah beras untuk Malagasies, meski begitu, secara ironis merupakan indikasi kemiskinan bangsa ini. Fr. Laulanié ingin membantu petani meningkatkan produktivitasnya tanpa tergantung pada input eksternal karena penduduk Malagasi memiliki daya beli begitu rendah saat itu.


Fr. de Laulanié (atas) mendirikan sebuah sekolah pertanian di Antsirabe tahun 1981 untuk membantu kaum muda pedesaan memperoleh pendidikan yang relevan dengan pekerjaan mereka serta kebutuhan keluarga.  SRI "ditemukan" pada tahun 1983, merupakan penemuan secara kebetulan, Butuh beberapa tahun untuk memperoleh keyakinan bahwa metode ini secara konsisten dapat meningkatkan produksi secara substansial. Pada tahun 1990, bersama-sama dengan sejumlah rekan Malagasi, Fr. Laulanié mendirikan sebuah organisasi adat non-pemerintah (NGO), bernama Asosiasi Tefy Saina, untuk bekerja sama dengan petani, LSM lain, dan profesional pertanian untuk meningkatkan produksi pedesaan dan mata pencaharian di Madagaskar.

Pada tahun 1994, Tefy Saina mulai bekerja dengan Cornell International Institute for Pangan, Pertanian dan Pembangunan (CIIFAD) yang berbasis di Ithaca, NY, untuk membantu petani yang tinggal di zona perifer di sekitar Ranomafana National Park untuk mencari alternatif untuk mereka pertanian tebang-dan-bakar. Padi yang dihasilkan sangat minim bahkan dengan irigasi, rata-rata hanya 2 ton / hektar, rumah tangga pedesaan perlu terus menumbuhkan padi gogo dan mengurangi ekosistem hutan hujan Madagaskar yang berharga meskipun terancam punah. Ini tidak bisa bertahan lama kecuali hasil padi yang dibesarkan di daerah sawah terbatas. Petani menggunakan metode SRI bisa rata-rata 8 ton / hektar setelah metode ini diperkenalkan sekitar Ranomafana. Sebuah proyek Perancis untuk meningkatkan sistem irigasi skala kecil di dataran tinggi selama periode waktu yang sama juga menemukan bahwa petani menggunakan metode SRI rata-rata lebih dari 8 ton / hektar, dibandingkan dengan 2,5 ton / ha dengan metode tradisional dan 3,7 ton / ha dengan metode ditingkatkan menggunakan pupuk. Evaluasi terpisah ditugaskan oleh badan bantuan Perancis (Bilger, 1997) juga menegaskan hasil SRI rata-rata 9 ton / ha.

Nama "Tefy Saina" berarti, di Malagasi, "untuk meningkatkan pikiran," menunjukkan bahwa organisasi ini tidak peduli hanya dengan nasi, tetapi juga dengan membantu orang untuk mengubah dan memperkaya pemikiran mereka. Sebelum meninggal pada bulan Juni 1995, Fr. de menerbitkan satu artikel di SRI dalam jurnal Belgia Tropicultura (13: 1, 1993). Selama tahun 2011, untuk mengenali anniversity 30 karya Laulanié dengan SRI, para editor Tropicultura termasuk sebuah artikel (pertanian intensif padi di Madagaskar, Tropicultura 29 (3): 183-187) dalam jurnal mereka, yang didasarkan pada artikel asli tahun 1993 .

Sejak tahun 1997, sejumlah makalah atau barang lainnya telah ditulis tentang SRI. Sementara yang paling menarik pada awalnya berasal dari LSM dan kalangan universitas, evaluasi kini datang juga dari program penelitian nasional dan lembaga penelitian internasional. Informasi lebih lanjut (dalam bahasa Perancis) tentang Fr. de Laulanié tersedia di situs Tefy Saina (Henri de Laulanié, le Visionnaire Realiste) dan dari obituari di Jesuites en Mission - Chine Madure Madagaskar (No. 255, Desember 1995-Jan1996).
sebenarnya.. bagaimana sistem pertanian SRI tersebut.? klik di sini.
/span>

0 komentar:

Posting Komentar