14.5.14

Soekarno (1)



Dr.(HC) Ir. Soekarno - Sukarno, nama lahir: Koesno Sosrodihardjo) (lahir di Surabaya/ namun banyak klaim dari warga Blitar yang menyatakan bahwa soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 19451966. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Bahkan, ia turut andil dalam upaya memerdekakan negara-negara
asia dan afrika.  Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pada sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945 (hari lahir Pancasila).
Soekarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar yang kontroversial, yang isinya, berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas BesarAngkatan Darat, menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untukmengamankan dan menjaga keamanan negara dan institusi kepresidenan. Supersemar menjadi dasar Letnan Jenderal Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota-anggotanya yang duduk di parlemen. Setelah pertanggungjawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada sidang umum ke empat tahun 1967, Soekarno diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden pada Sidang Istimewa MPRS pada tahun yang sama dan Soeharto menggantikannyasebagai pejabat Presiden Republik Indonesia.

/span>

0 komentar:

Posting Komentar